RSS

Monday 14 December 2009

Rahasia Awet Muda


Setiap manusia yang lahir di dunia pasti mengalami siklus seperti ini: tumbuh, besar, dewasa, menua, dan akhirnya mati. Hanya saja, di antara kita sering terlontar pertanyaan, "Mengapa sih seseorang menjadi awet muda, sedangkan yang lain tampak menua dengan lebih cepat?"

Tips yang saya tulis di bawah ini berdasarkan pengalaman pribadi (umur saya memang 32 tahun, tapi banyak yang menyangka lulusan SMA), dengan cara mempraktekkan berbagai macam tips tentang awet muda yang pernah saya temukan. Sedikit gambaran, sebelum menemukan berbagai tips awet muda tersebut, dulu waktu SMA wajah saya justru tampak sangat tua...berbeda dengan sekarang yang tampak lebih muda.

Di bawah ini ada beberapa hal yang setahu saya sangat berhasil dalam memeningkatkan prestasi saya selama ini (dari tampak tua, menajdi terlihat awet muda) :

1. Matikan lampu sewaktu tidur malam. Mengapa? Dalam kegelapan, tubuh manusia mengeluarkan sejenis hormon yang membantu sel-sel tubuh memperbaiki dirinya dengan baik. Hormon ini tidak akan dikeluarkan/ diproduksi oleh tubuh kita dalam keadaan terang. Dengan demikian, bila kita tidur dalam keadaan terang benderang, hilang sudah kesempatan tubuh kita untuk memperbaiki dirinya dengan baik bukan? Bila hal ini berlangsung terus, tubuh kita menjadi lebih cepat tua.

2. Konsumsilah vitamin dengan cukup, misalnya vitamin A dan E, penting untuk pembentukan epitel kulit dan rambut. Vitamin B, penting untuk membantu mencerna zat-zat makanan agar dapat digunakan tubuh dengan baik. Vitamin C, sangat baik untuk menjaga keutuhan dinding kapiler/ pembuluh darah, sehingga zat gizi dapat tersalurkan dengan baik melalui pembuluh darah tanpa terbuang gara2 pembuluh darahnya bocor. Vitamin C juga membantu menyeimbangkan kadar kalsium darah, sehingga tidak perlu diambilkan dari tulang (yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan kekeroposan tulang).

3. Seimbangkan antara konsumsi lemak, karbohidrat, protein, dan mineral bukan menahan diri salah satu, sementara berlebihan mengkonsumsi yang lain. Mengapa? karena semua bahan makanan tadi sama2 diperlukan tubuh kita dalam keadaan seimbang.

4. Minumlah dengan cukup. Kurang minum dapat menyebabkan kulit cepat keriput dan metabolisme tubuh secara keseluruhan menjadi kacau. Kekacauan metabolisme dalam jangka panjang dapat mempercepat penuaan.

5. Lakukan olahraga dengan cukup, yaitu minimal 1 kali seminggu, maksimal 5 kali seminggu. Saya sendiri rutin melakukan jogging setidaknya 2 kali seminggu masing-masing 2-10 km, sit-up 3 kali seminggu masing2 105 yang saya bagi menjadi 3 set. Olahraga berat (lebih dari 5 jam sehari) selama lebih dari 3 kali seminggu malah membuat kita jadi lebih cepat tua.

6. Biasakan diri bernafas dengan lebih dalam, sekitar 5 detik menghirup nafas dan 5 detik menghembuskan nafas. Bernafas lebih dalam dapat memaksimalkan penyerapan O2 (syarat penting terjadinya aktivitas sel) di satu sisi, dan memaksimalkan pembuangan CO2(sampah aktivitas sel yang harus dibuang oleh tubuh kita) di sisi lain.

7. Gunakan pembersih badan yang ramah di kulit, terutama muka. Tanda pembersih badan yang tidak ramah adalah terasa agak panas di kulit sewaktu digunakan. Khusus muka, paling tidak oleskan krim muka sebelum pergi ke tempat yang terpapar terik matahari. Bila Anda juga rutin membersihkan muka dengan pembersih khusus muka sebelum tidur, itu lebih baik.

8. Hidup memang penuh dengan kesulitan. Dengan membiasakan diri mengambil hikmah (sisi positif) dari kesulitan hidup, akan menciptakan perasaan ringan di dalam hati yang dalam jangka panjang sangat membantu membuat kita awet muda.

9. Biasakan gaya hidup sederhana. Maksudnya, bila pendapatan Anda hanya Rp 1 juta/ bulan, jalankan hidup Anda dengan pengeluaran maksimal Rp 1 juta - X (X adalah tabungan, walaupun hanya Rp 20.000/ bulan). Bila ingin mencoba gaya hidup lebih mewah, naikkan dulu pendapatan Anda. Karena bila Anda memaksakan gaya hidup lebih mewah, sementara pendapatan Anda tetap, ujung2nya akan membuat utang Anda membengkak. Padahal kita tahu bersama bahwa semakin besar utang seseorang, semakin mudah Ia mengalami tekanan mental/ stress (ada kenalan saya yang memiliki utang sekian milyar, keluar masuk perawatan rumah sakit setidaknya 6 bulan sekali, padahal usianya belum mencapai 50 tahun). Kabar buruknya, tapi nyata, semakin sering seseorang stress, semakin capat tualah Ia.

10. Biasakan mengambil jalan kebaikan, karena jalan kebaikan akan menentramkan hati, sementara jalan kejahatan mendatangkan berbagai macam kecemasan mulai dari yang ringan sampai dengan yang berat, tergantung seberapa besar kejahatan yang tega Anda lakukan. Banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa ketentraman hati dapat membuat kita awet muda, sedangkan kecemasan mempercepat proses penuaan.

Setidaknya itulah hal-hal dasar yang rutin saya lakukan sehingga saya menjadi tampak muda saat ini (padahal dulu tampak tua).

0 comments: